Resep Memasak Semur Jengkol Simple


Resep Semur Jengkol Simple

Jadi sebenarnya aku itu ngak suka banget sama jengkol (awalnya) trus pas hamil ngidam jengkol ngak kesampean. Terus setelah anakku lahir aku nyoba buat beli karna masih pengen nyoba. Nah begitu aku nyobain semur jengkol yang aku pesen di teman ternyata seenak itu.. jadi semacam ketagihan sama legit dagingnya.  Trus karna kalo pesen di temenku jauh. Aku nyoba2 buat bikin nanya2 bumbunya di tetangga dan kebetulan orang betawi asli. Nah!!!!! Jadilah makanan seenak dan selezat itu karna legit banget dan bumbunya itu eummmm.... Yakin deh boros nasi jadinya. Karina Awanda

Bahan-bahan : 
  • 1/4 kg jengkol
  • 4 lbr daun salam
  • 3 btg serai (geprek)
  • 4 lembar daun jeruk
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 btr kemiri
  • 1/4 sdt lada putih
  • 1 ruas jahe
  • 2 sdm gula merah
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam, penyedap (aku pake masako ayam)
  • secukupnya Air

Langkah : 
  1. Rebus jengkol dengan air cucian beras tambahkan 2lmbr daun salam, daun jeruk dan 2btg serai. Rebus sampai empuk. 🤤tips🤤 pada saat ngerebus jangan lupa pancinya di tutup yah biar bagus matengnya
  2. Setelah empuk angkat dan kupas trus geprek biar nanti bumbunya meresap dengan sempurna
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lada
  4. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum masukan jengkolnya, tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai, aduk2 tambahkan air secukupnya
  5. Setelah itu tambah garam, kecap manis, masak dengan api sedang cendrung kecil.

Repost : cookpad.com


Posting Komentar

0 Komentar